Langsung ke konten utama
Bagian Mesin Yang Sering Mengalami Kerusakan
Berikut adalah bagian-bagian mesin yang sering mengalami kendala atau kerusakan di mobil Jepang :
fungsi busi untuk membakar bahan bakar gas. kalau busi bermasalah mobil akan menjadi pincang. pincang
disini dimaksudkan adalah mati (tidak mengeluarkan pengapian). di sebabkan karna busi mati / kuil tidak berfungsi.
fungsi disini untuk mendinginkan mesin mobil dalam keadaan menyala. biasanya masalah yang sering terjadi, suhu mobil meninggi. diakibatkan radiator mobil anda mampet atau kotor / pompa waterpom bocor / panbel kendor / ven radiator tidak nyala. tidak nyala disini adalah dinamo mesin rusak. / switch radiator mati.
fungsi disini untuk pelumas mesin. bila terjadi kekurangan oli sebab yang terjadi adalah bisa jadi ada kebocoran. kebocoran disini disebabkan packing bocor. kedua, ring kompresi sudah lemah.
fungsi disini juga untuk pelumas gigi persneling. akibat yang sering terjadi adalah susahnya memasukan gigi / pindah kecepatan. dikarenakan oli sudah kental atau sudah waktunya ganti. kedua, gigi berpindah dengan sendirinya. diakibatkan sinkromes mesin mobil sudah haus. haus disini sama dengan rusak.
masalah yang biasa terjadi adalah kebocoran master kopling. akibatnya susah memasukan gigi perseneling. dikarenakan karet master sudah melemah di atas atau di bawah.
fungsi venbel untuk penghubung dinamo ke waterpom ke ac ke powerstaring ke kruk as (induk mesin). masalah yang biasa terjadi pada penbel adalah penbel bunyi (ber cit cit). biasanya venbel tersebut sudah rusak atau kendor. bisa juga semua bering poli ada yang macet.
fungsinya untuk mengalirkan listrik ke aki mobil. masalah yang biasa terjadi untuk dinamo ini adalah nyalanya indikator aki di dashbor. diakibatkan dinamo tidak berfungsi pengisiannya / penbel kendor (putus).
fungsi dinamo stater untuk memutarkan mesin mobil. masalah yang biasa terjadi adalah stater berat, kabel aki kendor, areng (kul) abis(pendek), switch stater, relay starter tidak berfungsi.
- penyaring udara (air vilter)
fungsi untuk menyaring udara yang masuk kedalam mesin. macam masalah dalam penyaring udara ini adalah jika kotor udara yang masuk tidak maksimal. akibatnya mesin tidak berfungsi dengan baik. kecepatan mobil juga bisa berkurang dikarenakan tersendat(mampet).
fungsi untuk memompa bensin dari tangki besin ke mesin. kalau pompa besin atau rotax rusak, diakibatkan mesin mobil tidak berjalan dengan baik. dan juga tenaga mobil tidak berkeja dengan baik(pincang).
untuk menyaring bensin yang masuk ke mesin. jika mampet, mengakibatkan jalannya mesin mobil tersendat-sendat.
fungsi pompa air untuk sirkulasi dari mesin ke radiator. jika rusak atau bocor, mengakibatkan mesin panas. indikator over head.
untuk mendorong freon ac. jika rusak, efek yang ditimbulkan, suhu ac tidak dingin.
- master kopling (atas dan bawah)
fungsi master kopling ini untuk mendorong garpu kopling. kerusakan biasa terjadi di bagian karet master. akibatnya aus. mobil tidak bisa masuk gigi.
Hal ini bisa terjadi, jika mobil tidak sering di cek atau tidak tahu keadaan mobil itu sendiri. anda bisa meminta kami untuk mengecek mobil anda dengan menghubungi kami :
Bpk, Sukarno
Curug Cimanggis, Depok
Whatsapp : +62 821 - 1463 - 1477
Apakah anda mengerti juga mengenai mesin mobil keluaran eropa ?
BalasHapuswahh saya tidak begitu paham dengan mesin mobi eropa
Hapus